Bagaimana Ciri-Ciri Luka Memar? Tema 5 Kelas 4

Bagaimana Ciri-Ciri Luka Memar? Tema 5 Kelas 4 Hai adik adik Kelas 4, pada kesempatan ini kakakakan memberikan pembahasan untuk adik adik kelas 4 mengenai pelajaran sekolah kalian. Pada halaman ini kalian dapat menemukan kunci jawaban tematik kelas 4. Langsung saja baca dibawah ini pembahasan mengenai Bagaimana Ciri-Ciri Luka Memar? Tema 5 Kelas 4 :

Bagaimana ciri-ciri luka memar? Lani menerapkan sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan. Lani mengobati Edo yang sedang luka memar. Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 4 halaman 23. Tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa yang terjadi pada Edo. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan baca jawabannya pada link tersebut!

Bagaimana Ciri-Ciri Luka Memar

Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Lani menerapkan sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan. Lani mengobati Edo yang sedang luka memar. Bagaimana ciri-ciri luka memar?

Jawaban:

Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Ciri-ciri luka memar antara lain :

  • Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya.
  • Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit.
  • Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hermatoma.
  • Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat.

Apakah kamu pernah mengalami luka memar? Apa yang kamu lihat di luka itu? Apa yang kamu rasakan?

Tahapan mengobati luka memar

1. Kompres bagian yang memar dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan dalam air dingin.
2. Jika terjadi pendarahan kompres bagian yang luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
3. Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 23 tentang ciri-ciri luka memar. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 1. Terimakasih, selamat belajar!

Nah telah kalian simak dengan jelas tentang Bagaimana Ciri-Ciri Luka Memar? Tema 5 Kelas 4. Semoga dengan adanya pembahasan dari kakak ini, dapat membantu adik adik dalam mengerjakan soal Tematik kelas 4 ini. Terima kasih