Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Hai adik adik semua, pada kesempatan ini ruangempati.com akan memberikan pembahasan menarik untuk kalian semuaa yang sedang menempuh kelas 5. Pada halaman ini kalian dapat menemukan kunci jawaban tematik. Langsung saja baca dibawah ini pembahasan mengenai Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan :

Rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas 5 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas V tentang “Organ Gerak Hewan dan Manusia” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Manusia dan Lingkungan. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran ketiga.

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Indonesia merupakan bangsa yang dikaruniai Tuhan dengan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Mulai dari keragaman potensi alamnya, sampai keadaan penduduknya. Sudahkah semua itu dimanfaatkan secara bertanggung jawab?

Ayo Mengamati ! Amatilah peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia berikut.

Materi Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan SD Kelas V

Ayo Mencoba!

Berdasarkan peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia?
2. Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia?
3. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung?
4. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat?
5. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi tempat tinggalmu?

Jawaban :

1. Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa
2. Pulau yang paling sedikit penduduknya adalah pulau Papua
3. Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung adalah 50 -100 orang per km2
4. Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat adalah kurang dari 10 orang per km2
5. Saya tinggal di Provinsi Jawa Tengah, kepadatan penduduknya 600 – 1299 orang per km2

Ayo Mengamati!

Wilayah Indonesia yang sangat luas dan berupa kepulauan telah mengakibatkan keberagaman penduduknya, salah satunya adalah keberagaman suku. Amatilah peta persebaran suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.

peta persebaran suku-suku bangsa yang ada di Indonesia

Kamu telah mengamati dan memahami persebaran suku-suku bangsa di Indonesia melalui peta di atas. Sekarang sebutkan dan tunjukkan suku-suku yang mendiami pulau-pulau yang ada di Indonesia berikut.

Ayo Berlatih!

Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.

Ayo Membaca!

Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama. Toleransi beragama adalah suatu sikap saling mengerti dan menghargai tanpa adanya sikap membeda-bedakan dan mengecilkan umat agama lain.

Kerukunan umat beragama sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan hidup. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki keragaman yang begitu banyak, salah satunya adalah agama. Meskipun mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, namun ada beberapa agama lain yang juga dianut, yakni Buddha, Hindu, Kristen, Katholik, dan Konghucu. Setiap agama tentunya memiliki aturan masing-masing dalam menjalankan ajaran agamanya. Namun, perbedaan ini bukanlah alasan menjadi pemecah belah, namun justru menjadi pemersatu dan memperkaya nilai-nilai dalam masyarakat. Sebagai satu saudara dalam tanah air yang sama, kita harus menjaga kerukunan umat beragama agar bangsa dan negara kita tetap menjadi satu kesatuan yang utuh.

Tri Kerukunan Umat Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan beragama damai dan rukun. Program ini menghendaki adanya kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat beragama), kerukunan antara umat beragama yang satu dengan agama lain, dan kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah munculnya konflik dalam kehidupan beragama.

Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa hidup dalam kebersamaan, meskipun banyak perbedaan. Program ini harus diwujudkan agar tidak terjadi pengekangan dan pengurangan hak-hak dalam menjalankan ajaran agama, seperti dalam pendirian rumah ibadah, pelaksanaan ibadah dan hari besar keagamaan, serta penyiaran agama.

Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat beragama). Perbedaan pandangan dalam satu agama dapat memicu terjadinya konflik dalam agama itu sendiri. Oleh karena itu perbedaan pandangan ini haruslah diupayakan agar tidak saling merasa bahwa pandangannya adalah yang paling benar.

Tri Kerukunan Umat Beragama selanjutnya adalah kerukunan antarumat beragama yang memiliki pengertian kehidupan yang rukun antar masyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan. Dalam hal ini tidak terjadi sikap saling curiga mencurigai serta selalu menghormati agama masing-masing. Selain itu juga tidak saling memaksakan agama kepada orang lain.

Adapun Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir adalah kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara baik dengan pemerintah dalam menjaga kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam hal ini para tokoh agama dan pemerintah sangat diperlukan perannya dalam mencari solusi yang baik tanpa merugikan
pihak manapun.

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

ParagrafIde Pokok
1Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama.
2Kerukunan umat beragama sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan hidup.
3Tri Kerukunan Umat Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan beragama damai dan rukun.
4Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa hidup dalam kebersamaan, meskipun banyak perbedaan.
5Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat baragama).
6Tri Kerukunan Umat Beragama selanjutnya adalah kerukunan antarumat beragama yang memiliki pengertian kehidupan yang rukun antarmasyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan.
7Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir adalah kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara baik dengan pemerintah dalam menjaga kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 2 Manusia dan Lingkungan 5 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 77 78 79 80 81 83 84 Pembelajaran 3 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Demikin pembahasan mengenai Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan yang bisa kamu peroleh. Semoga dengan adanya pembahasan dari kami ini, dapat membantu teman teman dalam mengerjakan soal Tematik Kelas 5 ini. Terima kasih dan teruslah menempuh ilmu agar berguna dikemudian hari