Satuan Panjang Menggunakan Akhiran Satuan? Jawaban Soal

Satuan Panjang Menggunakan Akhiran Satuan? Jawaban Soal Selamat datang adik adik Kelas 2, pada kesempatan ini kami akan memberikan pembahasan dan kunci jawaban tematik untuk adik adik kelas 2 mengenai pelajaran sekolah kalian. Pada halaman ini kalian dapat menemukan kunci jawaban tematik kelas 2. Langsung saja baca dibawah ini pembahasan mengenai Satuan Panjang Menggunakan Akhiran Satuan? Jawaban Soal :

Satuan panjang menggunakan akhiran / satuan apa? Pada materi pelajaran Matematika, kita mengenal apa yang namanya satuan. Apa itu satuan? SatuanĀ adalah pembanding atau patokan dalam melakukan pengukuran terhadap satu besaran dan merupakan nama/istilah yang diberikan untuk mengukur besaran tersebut.

Satuan Panjang Menggunakan Akhiran Satuan

Pada saat kita mengukur sebuah menja, tentu kita harus mengukurnya dengan penggaris atau meteran. Tidak mengukurnya dengan timbangan. Lalu apa akhiran atau satuan panjang?

Pembahasan Jawaban Soal:

Dalam pengukuran untuk mendapatkan bilau ukuran dari suatu benda, kita dapat menggunakan satuan. Satuan ini dapat dibagi menjadi satuan baku dan tidak baku.

Satuan baku adalah satuan yang ditetapkan berdasarkan standar internasional (I) oleh para ilmuwan. Satuan baku ditetapkan dalam sistem SI (Sistem Internasional) atau disebut juga sistem MKS (meter, kilogram dan sekon atau detik)

Contoh besaran pengukuran dan satuan bakunya adalah:

  • Panjang (satuan meter, m);
  • Massa (satuan kilogram, kg);
  • Waktu (satuan detik, s);
  • Suhu (satuan kelvin, K);
  • Kuat arus listrik (satuan ampere, A);
  • Intensitas cahaya (satuan candela, Cd); dan
  • Jumlah zat (satuan mol)

Satuan baku memiliki sifat menghasilkan pengukuran yang sama meski dilakukan oleh orang yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Sehingga bila dua orang menggunakan meteran untuk mengukur lebar rumah, maka hasilnya akan sama.

Sebaliknya satuan tidak baku adalah satuan yang ditetapkan sendiri, sehingga bila dilakukan pengukuran dapat berbeda-beda hasilnya.

Satuan tidak baku misalnya adalah kaki, depa dan hela untuk mengukur panjang.

Kesimpulan: Satuan Panjang Menggunakan Akhiran Meter (M)

Baca juga pembahasan soal selanjutnya dibawah ini:

Satuan massa mengunakan akhiran/satuan? Jawaban, buka DISINI.

Diatas telah adik adik simak dengan jelas tentang Satuan Panjang Menggunakan Akhiran Satuan? Jawaban Soal. Semoga dengan adanya pembahasan dari kakak ini, dapat membantu adik adik dalam mengerjakan soal Tematik kelas 2 ini. Terima kasih