Gerabah Termasuk dalam Karya Seni Berapa Dimensi? Jawaban!

Gerabah Termasuk dalam Karya Seni Berapa Dimensi? Jawaban! Selamat datang adik adik Kelas 2, pada kesempatan ini kami akan memberikan pembahasan dan kunci jawaban tematik untuk adik adik kelas 2 mengenai pelajaran sekolah kalian. Pada halaman ini kalian dapat menemukan kunci jawaban tematik kelas 2. Langsung saja baca dibawah ini pembahasan mengenai Gerabah Termasuk dalam Karya Seni Berapa Dimensi? Jawaban! :

Gerabah termasuk dalam karya seni berapa dimensi? Pembahasan soal materi pelejaran kelas 2 SD/MI Tema 5 Pengalamanku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Apa itu gerabah? Secara singkat gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia.

Gerabah Termasuk dalam Karya Seni Berapa Dimensi
Contoh Celengan dari Tanah Liat

Karya seni berupa gerabah merupakan karya seni rupa 3 dimensi. Hal ini dikarenakan kerajinan gerabah memiliki alas dan tinggi (memiliki volume/isi) dan bisa dilihat dari berbagai arah.

Contoh kerajinan gerabah misanya seperti piring, kendi, guci, tempayan, anglo, kuali, celengan, pot bunga dan masih banyak lagi.

Cara membuat gerabah dari tanah liat adalah:

  1. Letakkan tanah liat di atas meja putar
  2. Basahi tanah liat dengan air untuk mengatur kekerasan tanah liat
  3. Putar tanah liat dengan meja putar dan bentuk menjadi gerabah (misalnya berbentuk guci)
  4. Buat gerabah sesuai pola atau bentuk yang diingikan dengan kawat dan pisau pahat
  5. Bakar gerabah dengan pembakar agar menjadi keras dan kuat

Untuk membuat kerajinan dari tanah liat menjadi gerabah seperti membuat guci, pot bunga atau tempat air, kita memerlikan bahan seperti tanah liat dan air. Selain itu kita junga memerlukan alat seperti meja putar, kawat, kuas, pisau pahat, kayu giling, dan pembakar.

Meja putar digunakan untuk memutar tanah liat agar tanah liat bahan ini menjadi rata, bersih dari kotoran seperti kerikil, dengan memutar tanah ini agar kotoran bisa terpisah dan dikeluarkan dan agar guci menjadi simetris.

Untuk membentuk tanah liat menjadi guci, kita memerlukan air untuk melunakkan tanah liat agar bisa dibentuk menjadi cekungan di guci.

Setelah tanah liat mulai membentuk, kita bisa menggunakan kawat atau pisau untuk membuat hiasan di gusi, misalnya bentuk bunga, sebagai hiasan guci.

Setelah itu, gerabah dibakar dengan pembakar keramik. Ini agar tanah liat yang digunakan menjadi keras dan kuat. Gerabah yang sudah jadi dan berbentuk keras ini dapat dihiasi lagi dengan cat untuk meperindah.
Gerabah hiasan.

Kesimpulan: Gerabah Termasuk dalam Karya Seni 3 Dimensi.

Baca juga pembahasan soal selanjutnya dibawah ini:

Apa saja contoh karya 3 dimensi dari tanah liat! Jawaban: buka DISINI.

Diatas telah adik adik simak dengan jelas tentang Gerabah Termasuk dalam Karya Seni Berapa Dimensi? Jawaban!. Semoga dengan adanya pembahasan dari kakak ini, dapat membantu adik adik dalam mengerjakan soal Tematik kelas 2 ini. Terima kasih