Komoditas Apa Saja yang Diekspor Indonesia ke Negara di ASEAN

Komoditas Apa Saja yang Diekspor Indonesia ke Negara di ASEAN Hai semuanya, pada kesempatan ini kami akan memberikan pembahasan untuk teman teman yang sedang menempuh Kelas 6. Pada halaman ini kalian dapat menemukan kunci jawaban tematik. Langsung saja baca dibawah ini pembahasan mengenai Komoditas Apa Saja yang Diekspor Indonesia ke Negara di ASEAN :

Apakah kamu masih ingat komoditas apa saja yang diekspor Indonesia ke berbagai negara di ASEAN, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 103 104 105 107 108 110 111 112 tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 2 Usaha di Sekitarku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Komoditas Apa Saja yang Diekspor Indonesia ke Negara di ASEAN

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Langkah-Langkah Membuat Poster dengan Menggunakan Tangan di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 105

Ayo Berdiskusi

Apakah kamu masih ingat komoditas apa saja yang diekspor Indonesia ke berbagai negara di ASEAN? Diskusikan pertanyaan tersebut secara berpasangan dan tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban :

Batu bara
Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia. Provinsi Kalimantan adalah daerah yang menjadi sumber cadangan batu bara di Indonesia. Walaupun tidak sebanyak dulu, Kalimantan masih mampu menghasilkan batu bara hingga 281 juta ton setiap tahunnya. Negara India dan China menjadi pengimpor utama batu bara dari Indonesia. Negara ASEAN yang mengimpor batu bara Indonesia adalah Vietnam.

Karet
Indonesia merupakan produsen karet terbesar urutan kedua di dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2014 Indonesia mampu menghasilkan hingga 31.200 ton. Hasil ini meningkat di tahun 2018 menjadi 53.200 ton. Hasil karet Indonesia berasal dari Sumsel, Sumut, Jambi, Riau, dan Kalbar. Negara yang menjadi pengimpor karet Indonesia di ASEAN adalah negara Singapura.

Kulit dan produk olahannya
Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, nilai ekspor produk kulit Indonesia mengalami peningkatan. Produk kulit tersebut meliputi alas kaki dan produk kulit jadi seperti sepatu. Data yang terhitung mulai Januari-September 2018 menunjukkan bahwa nilai ekspor produk kulit mencapai USD 4,16 miliar. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017, persentase peningkatan mencapai 6,28%. Pasar utama ekspor kulit dan produk kulit Indonesia adalah negara Amerika Serikat dan China. Untuk kawasan ASEAN, Indonesia mengekspor kulit dan produknya ke Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Perangkat elektronik
Catatan menunjukkan bahwa nilai ekspor produk elektronik di tahun 2015 mencapai US$ 500 miliar yang jika dirupiahkan menjadi 6,76 triliun rupiah. Di kawasan ASEAN sendiri, negara yang menjadi tujuan utama ekspor elektronik Indonesia adalah Malaysia, Singapura, dan Filipina. Komoditas elektronik yang diekspor Indonesia meliputi produk elektronik berbasis industri, penangkap sinyal televisi dan panel elektronika.

Tekstil
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang terhitung dari Januari hingga Maret 2013, nilai ekspor pakaian jadi Indonesia non-rajutan mencapai US$ 1,01 miliar. Negara pengimpor tekstil Indonesia di ASEAN antara lain Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Ayo Mengamati
Amati gambar limas segitiga dan limas segiempat beserta jaring-jaring berikut.

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan pada limas segitiga dan segiempat? Tuliskan persamaan dan perbedaan yang kamu temukan berdasarkan pengamatanmu.

Jawaban, buka disini: Persamaan dan Perbedaan Pada Limas Segitiga dan Segiempat

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 6 SD halaman 105 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 2 Usaha di Sekitarku. Semoga bermanfaat!

Demikin pembahasan mengenai Komoditas Apa Saja yang Diekspor Indonesia ke Negara di ASEAN yang bisa kamu peroleh. Semoga dengan adanya pembahasan dari kami ini, dapat membantu teman teman dalam mengerjakan soal Tematik kelas 6 ini. Terima kasih